JUDUL
: Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Wanita Di Group
Blackberry Messenger Terhadap Minat Beli Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas
Hasanuddin.(Dibimbing oleh Alimuddin Unde dan Andi Subhan Amir
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di group
blackberry messenger dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswi
Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini
berlangsung selama kurang lebih dua bulan yakni bulan Maret hingga Mei 2012
yang dilaksanakan di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin, Makassar.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif
kuantitatif.
Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin
angkatan 2008, 2009, 2010, dan 2011. Besaran sample yang digunakan yaitu 109
orang (survei langsung) dari total mahasiswi yaitu 147 orang. Teknik sample
yang digunakan yaitu teknik sampling berstrata (stratified sampling).
Pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan teknik
analisis data menggunakan analisi regresi
linear sederhana. Dari hasil analisi regresi linear sederhana diperoleh
hasil bahwa pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry
messenger tidak berpengaruh terhadap minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi
Universitas Hasanuddin. Faktor – faktor yang mempengaruhi minat beli adalah
potongan harga, gratis biaya pengiriman, kualitas produk, merk produk, serta
model produk yang lebih update.
TUJUAN
1. Untuk mengetahui
pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di group Blackberry messenger.
2. Untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi
Universitas Hasanuddin terhadap promosi penjualan pakaian wanita di group
Blackberry messenger.
METODE PENELITIAN
Metode yang dilakukan dengan cara
peneliti berada diluar dari objek penelitian dan menjaga prinsip objektif,
serta analisis datanya menggunakan uji statistik.
Dengan metode kuantitatif dengan metode statistik yang
digunakan adalah analisis regresi linear sederhana untuk melihat seberapa besar
pengaruh antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dengan bantuan
program SPSS.
KESIMPULAN
Dari hasil analisis data dan pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil
regresi linear sederhana, promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry
messenger tidak berpengaruh terhadap minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi,
sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima.
2. Berdasarkan
asumsi jika T.hitung < T.tabel, maka variabel promosi penjualan pakaian
wanita di group blackberry messenger tidak berpengaruh terhadap minat beli
mahasiswi Ilmu Komunikasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak.
3. Variabel promosi
penjualan pakaian wanita di group blackberry messenger dalam uji Anova
berpengaruh sangat kecil terhadap minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi
Universitas Hasanuddin.
4. Berdasarkan hasil
koefisien determinasi (R²), hanya 3.2 % minat beli mahasiswi Ilmu Komuniasi
Universitas Hasanuddin yang dapat dipengaruhi oleh promosi penjualan pakaian
wanita di group blackberry messenger.
5. Berdasarkan
survei kuesioner diperoleh pula faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi
minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi, yaitu: potongan harga, gratis biaya
pengiriman, kualitas produk, merk produk, serta model produk yang lebih update.
SARAN
1. Minat beli
mahasiswi Ilmu Komunikasi masih kurang dipengaruhi oleh promosi penjualan yang dilakukan
oleh pemilik online-shop di group
blackberry messenger, sehingga untuk menarik minat beli yang lebih pemilik online-shop tersebut harus meningkatkan
kualitas promosi dalam memproduksikan produk.
2. Pemilik online-shop harus menerapkan strategi
penguatan dalam memproduksikan produk kepada pelanggan. Guna mendorong
pelanggan untuk melakukan transaksi.
3. Untuk peneliti
selanjutnya tidak terbatas pada satu jurusan saja, misalkan dapat melakukan
penelitian dibeberapa jurusan di Universitas Hasanuddin maupun membandingkan
antara satu jurusan dengan jurusan lain.
4. Bagi rekan
mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi, diharapkan dapat melakukan penelitian
mengenai komunikasi persuasive pemilik online-shop
terhadap pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar