Selasa, 22 November 2016

TUGAS JURNAL PENGANTAR TELEMATIKA



JUDUL : Pengaruh Promosi Penjualan Pakaian Wanita Di Group Blackberry Messenger Terhadap Minat Beli Mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin.(Dibimbing oleh Alimuddin Unde dan Andi Subhan Amir

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry messenger dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini berlangsung selama kurang lebih dua bulan yakni bulan Maret hingga Mei 2012 yang dilaksanakan di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin, Makassar. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin angkatan 2008, 2009, 2010, dan 2011. Besaran sample yang digunakan yaitu 109 orang (survei langsung) dari total mahasiswi yaitu 147 orang. Teknik sample yang digunakan yaitu teknik sampling berstrata (stratified sampling).
Pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisi regresi linear sederhana. Dari hasil analisi regresi linear sederhana diperoleh hasil bahwa pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry messenger tidak berpengaruh terhadap minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin. Faktor – faktor yang mempengaruhi minat beli adalah potongan harga, gratis biaya pengiriman, kualitas produk, merk produk, serta model produk yang lebih update.

TUJUAN
1.  Untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan pakaian wanita di group Blackberry messenger.
2.       Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin terhadap promosi penjualan pakaian wanita di group Blackberry messenger.

METODE PENELITIAN
Metode yang dilakukan dengan cara peneliti berada diluar dari objek penelitian dan menjaga prinsip objektif, serta analisis datanya menggunakan uji statistik.
Dengan metode  kuantitatif dengan metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana untuk melihat seberapa besar pengaruh antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dengan bantuan program SPSS.
KESIMPULAN
Dari hasil analisis data dan pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.   Berdasarkan hasil regresi linear sederhana, promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry messenger tidak berpengaruh terhadap minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima.
2.       Berdasarkan asumsi jika T.hitung < T.tabel, maka variabel promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry messenger tidak berpengaruh terhadap minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak.
3.       Variabel promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry messenger dalam uji Anova berpengaruh sangat kecil terhadap minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin.
4.   Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R²), hanya 3.2 % minat beli mahasiswi Ilmu Komuniasi Universitas Hasanuddin yang dapat dipengaruhi oleh promosi penjualan pakaian wanita di group blackberry messenger.
5.    Berdasarkan survei kuesioner diperoleh pula faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi, yaitu: potongan harga, gratis biaya pengiriman, kualitas produk, merk produk, serta model produk yang lebih update.

SARAN
1.     Minat beli mahasiswi Ilmu Komunikasi masih kurang dipengaruhi oleh promosi penjualan yang dilakukan oleh pemilik online-shop di group blackberry messenger, sehingga untuk menarik minat beli yang lebih pemilik online-shop tersebut harus meningkatkan kualitas promosi dalam memproduksikan produk.
2.     Pemilik online-shop harus menerapkan strategi penguatan dalam memproduksikan produk kepada pelanggan. Guna mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi.
3.      Untuk peneliti selanjutnya tidak terbatas pada satu jurusan saja, misalkan dapat melakukan penelitian dibeberapa jurusan di Universitas Hasanuddin maupun membandingkan antara satu jurusan dengan jurusan lain.
4.    Bagi rekan mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi, diharapkan dapat melakukan penelitian mengenai komunikasi persuasive pemilik online-shop terhadap pelanggan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar